PANGKEP – Dalam pagelaran Konvergensi Penurunan Angka Stunting Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dihadiri 24 Kabupaten/Kota. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep mengusung tema MEGA MACCA dalam aksinya, dilaksanakan di Ruang Mahoni Hotel Claro Makassar, kamis (19/5/2022).

Baca juga : Pencanangan BIAN, Bupati Pangkep Targetkan 70.000 Peserta

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, dr.Herlina saat diwawancara mengatakan, semua membuat stan sesuai dengan aksi yang mereka berikan, kalau Pemkab Pangkep aksinya Mega Macca.

“Mega yang artinya banyak sedangkan kata Macca yang berarti cerdas. Dimana kita mau anak-anak kita semuanya cerdas,” ucapnya.

Lanjut dr Herlina menyampaikan, kata Mega disini merupakan singkatan dari kata Messo’ Magala’ arti harfiahnya yakni Kenyang dan Sehat.

“Messo’. Kita ingin semua anak balita kita terpenuhi gizinya, terutama anak-anak yang masuk dalam kategori 1000 hari pertama kehidupan dan Kalau Magala’. Artinya diharapkan dengan terpenuhi semua gizinya setiap anak akan sehat, karena tidak ada orang sehat kalau tidak terpenuhi gizinya dengan baik,” jelas kadis kesehatan pangkep saat diwawancara.

Ia menambahkan bahwa kata Macca berati cerdas. Ia menginginkan ibu-ibu ini cerdas dalam memgasuh anaknya, mulai dari balita sampai usia 5 tahun. Kalau perlu ibu-ibu ini harus cerdas mengolah makanannya sebelum dia hamil.

“Karena anak-anak yang bermasalah itu umumnya karena ibunya bermasalah pada saat hamil. Sembilan bulan pertama dalam kandungan itu menentukan masa depan anak. Jadi kita upayakan mulai mewujudkan Mega Macca di Kabupaten Pangkep, agar semua anak-anak kami akan jadi Mega Macca,” ungkapnya.