PANGKEP – Kepala Desa (Kades) Doang-doangan Lompo, Muhammad Yusuf Nawawi, pamerkan Produk minyak kelapanya dalam ajang Pameran dan Pesta rakyat dalam rangka Hari ulang tahun (Hut) Republik Indonesia (RI) ke 77 Tahun di Kabupaten Pangkep, rabu (17/8/2022).

Baca juga : Bupati Pangkep Kembali Bagikan Seragam Sekolah SD dan SMP

Muhammad Yusuf Nawawi mengatakan, Minyak kelapa ini diolah dari buah kelapa asli yang ada di Desa Doang-Doangan Lompo Kecamatan Kalmas, Kabupaten Pangkep.

“Jadi di desa kami itu banyak sekali pohon kelapa, ada yang tumbuh secara alamiah, ada juga yang masyarakat tanam sendiri. Jadi, masyarakat disana kita dorong untuk mengolah buah kelapanya sendiri untuk dijadikan minyak seperti ini dan bisa juga untuk dikonsumsi,” ucapnya.

Minyak kelapa olahan masyarakat ini masih diolah secara manual dan biasanya bertahan sampai satu tahun.

“Kalu kami di pulau biasanya menyimpan kelapa ini bisa bertahan sampai satu tahun,” ungkapnya.

Pemerintah Desa akan mempasilitasi masyarakat dalam bentuk UMKM agar potensi minyak kelapa yang ada di desa kami dapat lebih dikenal dan dikonsumsi masyarakat luas.

“Kedepan minyak kelapa ini akan dikelola oleh UMKM agar bisa lebih dikenal di pasaran dan masyarakat luas,” pungkasnya.

Selain pamerkan produk minyak kelapa asli, Kepala Desa Doang-doangan Lompo juga memperkenalkan Telur ikan toraninya atau yang lasim disebut ikan terbang.

“Di Desa Doang-doangan Lompo ini dikenal juga dengan penghasil Telur ikan terbang yang tergolong besar, biasanya nelayan di desa kami bisa dapat 50-100 ton pertahun,” terangnya.