PANGKEP – Komunitas Guru belajar nusantara (KGBN) terbentuk di Kabupaten Pangkep dan melaksanakan rapat kerja (Raker) untuk program kerja satu periode kedepan, sabtu (2/7/2022).

Baca juga : Kecewa Tuntutan Tidak Diterima, KMPT Segel Kantor Dinkes Pangkep

Ketua KGBN, Jayadi DT, S. Pd. mengatakan bahwa KGBN adalah salah satu organisasi profesi guru yang berupaya memerdekakan guru. Ada tiga hal yang jadi prinsip dasar kemerdekaan yang diusung KGBN.

“Pertama, komitmen dalam tujuan yakni paham mengapa perlu mengajar suatu materi, kedua mandiri dan tidak menyalahkan keadaan. Dan ketiga, senantiasa melakukan refleksi atau berani meminta umpan balik dan menilai diri secara objektif,” katanya.

KGBN adalah organisasi yang muncul karena keresahan para guru untuk terlibat aktif dalam perubahan pendidikan. Salah satu tujuannya adalah memperjuangkan kemerdekaan belajar guru.

“Yang menarik dalam KGBN ini adalah kita akan berbagi praktik kepada sesama rekan guru lainnya, mendorong guru jadi pembicara dalam setiap temu pendidik baik di tingkat daeran sampai tingkat nasional,” ungkapnya.

KGBN diharapkan mampu mendorong guru untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, menjadi orang yang terus belajar. Hadirnya KGBN di Kabupaten Pangkep juga diharapkan mampu menjadi wadah belajarnya para tenaga pendidik dalam belajar dan berkarya.